Rumus Usaha fisika dan Modul

Materi fisika Usaha

Dalam materi perusahaan atau dalam pekerjaan dalam fisika yang disebabkan oleh W, konsep energi adalah salah satu konsep terpenting dalam sains. Energi hadir di alam dalam berbagai bentuk. Setiap proses fisik yang terjadi di alam selalu melibatkan proses transfer energi dan energi atau proses transformasi energi.

Dalam studi kinematika dan dinamika, analisis kasus didasarkan pada pergerakan partikel atau benda yang dilihat sebagai partikel. Dalam bab ini pendekatan yang digunakan untuk menganalisis kasus-kasus fisika adalah dengan melihat sesuatu seperti sistem. Sistem yang digunakan adalah bagian kecil dari sifat yang sangat luas. Pada bab ini kita akan menganalisis bagaimana sistem transfer energi. Mekanisme transfer energi adalah melalui bisnis dalam fisika. Ini adalah mekanisme transfer energi dengan memberi atau menerima kekuatan eksternal.

Selengkapnya di : https://rumusrumus.com/rumus-usaha/

1. Definisi usaha

Definisi perusahaan (W) adalah mekanisme untuk mentransfer energi ke suatu sistem. Sistem yang dimaksud di sini dapat berupa partikel, kumpulan beberapa partikel, dapat berupa ruang dan terkadang bentuk dan ukurannya berubah seiring waktu. Identifikasi sistem penting dalam analisis kasus menggunakan pendekatan energi. Di luar objek kita melihat bagaimana suatu sistem disebut lingkungan.

Konsep bisnis sebagai salah satu mekanisme transfer energi, sistem akan mengalami perubahan energi jika itu atau tunduk pada bisnis (W). Besarnya perubahan energi tergantung pada sejumlah besar contoh kegiatan yang dilakukan. Jika sistem terkena W, energi sistem akan meningkat dan jika sistem adalah W, energi sistem akan berkurang.

Perubahan energi ini dapat berupa energi potensial, kinetika atau energi internal. Energi potensial berubah jika objek mengalami perubahan posisi setelah mengalami stres (W) dan energi kinetik jika objek mengalami perubahan kecepatan setelah dikenai W. Penambahan energi internal biasanya terjadi dalam sistem yang memiliki kenaikan suhu. Dalam ayat ini, hanya pengaruh W pada perubahan energi potensial dan kinetik yang akan dibahas.
2. Bisnis Kekuatan Konstan

Dalam rumus bisnis dalam fisika jika gaya F bekerja pada objek dan membuat objek bergerak dengan vektor perpindahan Δr, besarnya upaya (W) adalah hasil dari penggandaan produk (titik yang diproduksi) dengan vektor perpindahan objek.

dengan θ

adalah sudut antara vektor gaya dan perpindahan.

Berdasarkan persamaan (1), ada beberapa hal yang dapat disimpulkan:

W

nol jika gaya dengan perpindahan membentuk sudut 90∘
,
W
nilai negatif jika gaya adalah kebalikan dari perpindahan.
Tidak masalah berapa banyak kekuatan yang telah diberikan, tetapi saat itu tidak ada perubahan

bernilai nol.

Contoh pertanyaan dan diskusi

Objek massa tunduk pada kekuatan 90 J dan menyebabkan objek bergerak 5 meter. Jika gaya dan perpindahan membentuk sudut 60∘

maka jumlah usaha yang dilakukan oleh gaya itu sebesar …

eksekusi:

WWW = F⋅Δr.cos60 = 90 × 5 × 0,5 = 225 J

Jadi bisnisnya adalah 960 joule.

Gaya F = (2i + 3j + k)

N bekerja pada objek sehingga objek bergerak dengan vektor perpindahan Δr = 3i + 2j + 2k

m. Hitung jumlah upaya yang dilakukan oleh gaya itu!

eksekusi:

WWW = F ∙ Δr = (2i + 3j + k) ∙ (3i + 2j + 2k) = 14 J.

Latih pertanyaan bisnis (mudah)

Pertanyaan 1 dari 5

Mesin memberikan gaya 80 N ke troli dengan massa 40 kg hingga gerobak hingga 12 m. Jadi upaya besar dari mesin ini adalah …
120 joule
160 joule
260 joule
480 joule
960 joule