Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia

Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia

Peta Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia – Indonesia adalah negara yang kaya akan flora dan fauna. Di Indonesia, ada berbagai jenis makhluk hidup, di darat, di air dan di udara. Menurut Departemen Kehutanan dan Perkebunan Indonesia tahun 1999, ada 2.215 spesies hewan dan 8.000 spesies tanaman di Indonesia.

Pada kesempatan ini, administrator akan melaporkan peta distribusi flora dan fauna di Indonesia.

Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia
Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia

Persebaran Flora di Indonesia

Seperti yang sudah dijelaskan, flora adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada dunia tumbuhan. Secara khusus, Flora berarti semua tanaman yang hidup di satu area pada waktu tertentu.

Jumlah spesies tanaman di Indonesia tergolong sangat tinggi di seluruh dunia. Dibandingkan dengan flora di Amerika dan Afrika atau daerah beriklim sedang dan dingin, keanekaragaman flora Indonesia masih lebih tinggi.

Karena keistimewaan ini, banyak peneliti datang untuk mempelajari kekayaan Indonesia. Selanjutnya, peneliti menjelaskan distribusi flora dan fauna di Indonesia.

Seperti halnya beberapa survei, distribusi flora di Indonesia dapat dilihat dari sudut pandang wilayah dan iklim atau kondisi regional.

1. Distribusi Flora di Indonesia Menurut Wallace dan Webber berdasarkan Regional Review

Menurut ulasan ini, penyebaran flora di Indonesia dibagi menjadi tiga wilayah, yaitu flora di wilayah Sahara, wilayah transisi dan paparan Sunda. Penjelasan berikut:

Flora di Daerah Paparan Sahul

Daerah Paparan Saharan terletak di daerah Jaya Irlandia. Flora di daerah Paparan Sahul adalah tanaman di daerah sekitar Irian Jaya.

Flora di daerah ini memiliki fitur khusus yang terkandung dalam spesies hutan hujan tropis, ada banyak pohon sagu, Nipah dan bakau. Selain itu, ada juga tanaman dengan varietas Pinetia atau Motea Pemetia.

Flora di daerah transisi

Daerah transisi yang dimaksud adalah daerah di sekitar Sulawesi. Ada sekitar 4.222 spesies flora di daerah ini, yang merupakan campuran dari bagian barat dan timur Indonesia. Ada banyak kesamaan dengan lahan kering di Jawa, Maluku dan Nusa Tenggara Barat. Dan di dataran rendah, ada banyak kesamaan dengan flora dataran rendah di Papua.

Flora di wilayah eksposisi Sunda

Paparan Sunda yang dimaksud adalah wilayah Sumatera dan sekitarnya. Ada tiga jenis flora di wilayah ini, yaitu flora endemik atau tipikal, flora pantai timur dalam bentuk hutan bakau dan rawa gambut, flora Pantai Barat yang terdiri dari rawa gambut, hutan meranti, kuning, air tawar dan rotan dan akhirnya hutan hujan tropis. Hutan gambut dan bakau.

2. Distribusi flora sesuai dengan iklim dan kondisi regional.

Selain wilayah, tinjauan distribusi flora berdasarkan wilayah geografis berdasarkan iklim dan kondisi kawasan di Indonesia dibagi menjadi hutan mangrove flora, hutan lumut / tundra, hutan rawa, musim hutam, hutan hujan tropis, sabana dan stepa .

Hutan mangrove

Hutan bakau adalah ciri khas daerah pesisir tropis. Sementara itu, khasiat tanaman ini memiliki bibit tanaman yang bisa berenang selama beberapa bulan di air laut dan masih bisa tumbuh setelah mendarat. Selain itu, ia memiliki akar pernapasan yang tergantung pada batangnya.

Hutan ini berlimpah di pesisir timur Pulau Sumatra dan di wilayah pesisir Kalimantan Tengah, Papua, dan sebagian besar wilayah pesisir dunia.

Mooswald

Hutan tundra atau lumut dapat ditemukan di daerah pegunungan tinggi, yang selalu tertutup kabut karena mereka sangat tinggi di atas permukaan laut. Udara sangat lembab dan suhunya sangat rendah, yang memungkinkan lumut berkembang biak dengan mudah. Tundra terdiri dari pohon berlumut yang ditemukan di pegunungan tinggi Papua, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi dan Jawa.

Hutan rawa

Jenis hutan ini berlimpah di Indonesia. Di Indonesia, ada dua jenis hutan rawa: hutan rawa air tawar dan hutan rawa gambut.

Hutan rawa air tawar tidak menghasilkan kayu yang baik, tetapi tanahnya dapat digunakan sebagai tanah yang subur. Hutan rawa gambut dapat menghasilkan kayu, salah satunya adalah Raminholz. Hutan rawa gambut berlimpah di Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.

Hutan Musim

Hutan ini sering disebut sebagai hutan homogen. Karena spesies tanaman di hutan ini hanya terdiri dari satu spesies pohon. Dengan fitur aborsi di musim kemarau atau sering sebagai ganti kulit. Misalnya, jati, cemaram dan hutan pinus. Jenis hutan ini terjadi di bagian tengah dan timur Indonesia.

Hutan Hujan Tropis

Jenis hutan ini adalah hutan dengan pepohonan lebat. Sesuai namanya, hutan ini berlimpah di daerah hutan tropis atau daerah di mana curah hujan terjadi sepanjang tahun. Jenis hutan ini sering disebut sebagai hutan heterogen karena tanaman terdiri dari spesies pohon yang berbeda. Spesies hutan ini tersebar luas di pulau Sumatra, Kalimantan dan Papua.

Padang rumput

Stepa atau stepa yang cukup luas dapat ditemukan di wilayah NTT. Terjadinya stepa disebabkan oleh curah hujan yang rendah, sehingga air hanya cukup untuk tanaman / rumput yang tidak membutuhkan banyak air.

Sabana

Sabana adalah area padang rumput yang luas dikelilingi oleh pohon atau semak-semak. Wilayah ini biasanya mengalami musim kemarau panjang dan suhu panas. Sabana di Indonesia terletak di Madura, Nusa Tenggara, dan Dataran Tinggi Gayo di Aceh.

Baca Juga :

Peta Riau Lengkap Dengan Nama Kabupaten dan Kota

Sejarah Islam di Indonesia