Pengertian Pendidikan Karakter

Pendidikan karakter tidak asing di telinga kita. Ya, pendidikan karakter terjadi ketika ada program baru, dari program 2006 hingga kurikulum 2013 yang didasarkan pada pendidikan karakter. Seiring berjalannya waktu, pemerintah menciptakan sistem pendidikan sehingga generasi negara akan diselamatkan seiring berjalannya waktu. Karena itu, mengapa memenuhi tantangan dunia harus menggunakan pendidikan karakter? Apa itu Apakah pentingnya pendidikan karakter?

Sekarang, dalam artikel ini, kita akan membahas pendidikan karakter dari materi pendidikan karakter dan jurnal pendidikan karakter. Lalu apa yang akan dibahas? Yang akan dibahas adalah pemahaman tentang pendidikan karakter, tujuan pendidikan karakter, pentingnya pendidikan karakter, pendidikan karakter di sekolah dan contoh-contoh program pendidikan. karakter di sekolah

Definisi pendidikan karakter

Pendidikan Karakter adalah tindakan sadar dan terencana untuk mendidik siswa untuk membangun karakter pribadi mereka sehingga mereka dapat menjadi individu yang bermanfaat dan bermanfaat bagi lingkungan mereka.

Selain pendidikan karakter, pendidikan karakter adalah sistem pendidikan yang dirancang untuk menanamkan pada siswa nilai-nilai karakter tertentu yang mencakup unsur pengetahuan, kesadaran atau kemauan dan tindakan untuk mencapai nilai-nilai ini. Berikut adalah nilai-nilai yang membentuk karakter, yaitu:

  1. kejujuran
  2. Toleransi
  3. Berdisiplin
  4. Kerja keras
  5. Kreatif
  6. Kemerdekaan
  7. Sikap demokratis
  8. Keingintahuan
  9. Semangat nasionalis
  10. Cinta tanah air
  11. Hadiahi prestasi
  12. Sikap ramah
  13. Cinta damai
  14. Suka membaca
  15. Jaga lingkungan
  16. Perlindungan sosial
  17. Rasa tanggungjawab
  18. Keagamaan

Pentingnya pendidikan karakter

Menurut Thomas Lickona, setidaknya ada tujuh alasan mengapa pendidikan karakter harus diberikan kepada warga sejak awal, yaitu:

Cara terbaik untuk memastikan bahwa siswa memiliki kepribadian yang baik dalam kehidupan mereka
Pendidikan ini dapat membantu meningkatkan kinerja akademik siswa
Beberapa anak tidak dapat membentuk karakter yang kuat untuk diri mereka sendiri di tempat lain
Dapat melatih individu yang menghargai dan menghormati orang lain dan dapat hidup dalam masyarakat majemuk
Sebagai upaya mengatasi akar masalah sosial dan moral, seperti ketidakjujuran, ketidaksopanan, kekerasan, kurangnya etos kerja, dll.
Cara terbaik untuk membentuk perilaku individu sebelum memasuki dunia kerja atau bisnis
Sebagai cara untuk mengajarkan nilai-nilai budaya yang merupakan bagian dari karya peradaban

Manfaat pendidikan karakter di sekolah

Penguatan pendidikan karakter untuk anak sekolah memiliki beberapa efek positif, yaitu:

Berpikir fleksibel

Dengan perubahan dalam metode belajar siswa, mereka akan diajar untuk mengadopsi cara berpikir yang berbeda. Misalnya, alih-alih mengajukan pertanyaan yang dimulai dengan apa, siapa, bagaimana, di mana, mereka dapat mulai mengajukan pertanyaan dengan cara yang menggambarkan pemikiran kritis.

Memiliki hubungan yang baik

Pendidikan karakter meliputi dan mengajarkan nilai-nilai inti etika, siswa dapat menerapkan ajaran-ajaran ini dalam kehidupan sehari-hari mereka

Mampu menunjukkan emosi, sosial dan empati

Nilai gotong royong yang akan dipelajari oleh siswa biasanya diterima dengan sia-sia, tetapi dengan implementasi program untuk memperkuat pendidikan karakter, siswa dapat mempelajari kembali pentingnya swadaya.

Sumber : http://dosenpintar.co.id

Baca Juga :

Tags: