NU Ikut wujudak Perdamaian dengan Islam Nusantara

Khusus untuk pemulihan konflik dan pembangunan perdamaian, lebih banyak upaya diperlukan di dunia internasional. Perannya telah muncul dan terus tumbuh ketika NU melakukan kampanye untuk Muslim Nusantara. Dengan fitur-fiturnya yang elegan, NU diyakini mampu menghadirkan umat Islam sebagai solusi untuk masalah nasional dan solusi perdamaian dunia.

Selama Jumat (1/3), Jawa Barat, Citangkolo, Citangkolo Kota Banjar, psikiatrik Miftahul Huda Al_azhar pada konferensi dan konferensi nasional 2019, Ketua PBNU KH Said Aqil Siroj melaporkan tentang keberhasilan NU.

Wakil wakil gubernur Jawa Barat Jun Uu Ruzhanul Ulum HM Jusuf Kalla dan sejumlah pejabat pemerintah menghadiri acara ini.

NU diminta untuk mendamaikan kelompok-kelompok Sunni dan Syiah

“NU diminta untuk mendamaikan kelompok-kelompok Sunni dan Syiah di Irak, yang berperang, dan NU merangkum faksi-faksi di dalam umat Islam dan berkumpul perlahan tapi pasti untuk hasil perdamaian,” kata Kiai Said.

Kemudian dia teringat karya NU yang mengoordinasi dua kelompok yang bertempur di Al Ghanistan selama 40 tahun. NU sebagai perantara bertemu empat kali di Istanbul, Jakarta, Kabul, dan Turki masing-masing.

“Akibatnya, ulama di Afghanistan sepakat untuk mendirikan organisasi yang sama persis dengan nama kami, Nahdlatul Ulama, simbol yang berbeda, NU kami memiliki gambar sembilan bintang.

Dia lebih lanjut menjelaskan bahwa para cendekiawan Malaysia yang telah menderita dari gerakan Wahabi yang melukai Ikhwanul Muslimin tetangga mereka sepakat untuk mendirikan sebuah organisasi yang disebut pertumbuhan Nurratulu Ulama. “Malaysia memuji model Islami dari kepulauan yang kami simpati, Urema di Malaysia telah membentuk pertumbuhan Nafratul Ulama,” katanya.

Dia juga terus menjelaskan langkah-langkah pemerintah Indonesia, terutama Wakil Presiden Jusuf Kalla, untuk membangun perdamaian di Cina, Filipina, Thailand selatan, dan Myanmar.

“Alhamdulillah NU membantu membangun perdamaian di Tiongkok Uyghur, duta besar Tiongkok mengunjungi PBNU, dan kami datang ke China untuk membantu membawa perdamaian di sana,” kata Kiai Said.

Dia melanjutkan, peran Asia yang dimainkan oleh NU adalah untuk membantu mendapatkan kembali kedamaian Filipina yang diserang oleh teroris ISIS beberapa waktu lalu. Dia mengatakan pemerintah akan mendukung tindakan NU. Dengan kata lain, Presiden Jokowi mengirim bantuan untuk membangun kembali sebuah masjid besar di Malawi yang rusak oleh perang ISIS dengan Tentara Filipina.

“Alhamdulillah, Filipina secara bertahap pulih dari serangan teroris terakhir, itu adalah kedamaian, Presiden Jokovy telah mengirim bantuan untuk membangun kembali masjid yang rusak dalam perang,” katanya.

Dia melanjutkan, NU juga telah menjadi penulis perdamaian Thailand Selatan yang memiliki masalah dengan gerakan Separatis dari warga Muslim Selatan. Kemudian di Myanmar, dalam kasus Rohingnya, NU menerima perintah untuk membantu perdamaian kawasan sehingga menjadi keputusan resmi organisasi tersebut.

Sumber : https://suhupendidikan.com/

Peran NU

“Peran NU semakin meningkat, kami terus-menerus diminta untuk menjadi penengah negara-negara dalam situasi konflik, termasuk Muslim, yang merupakan hasil dari pulau-pulau Muslim kami,” katanya.

Kiai Said setuju di Majelis Umum sehingga berhasil merumuskan pemahaman Muslim Nusantara, dijelaskan oleh Konferensi Nasional dan Konferensi NU 2019 pada pertemuan komisi Bahsul Masail Maudhuiyah, yang secara resmi keputusan organisasi lakukan.

“Dengan cara ini, semua manajer NU dari pusat ke cabang harus memahami makna pulau-pulau Islam, Islam Nusantara bukanlah pemahaman tentang sekte yang dikembangkan di Indonesia, atau sekolah baru,” katanya.

Dalam arti yang substansial, Islam Nusantara adalah Muslim, dipraktikkan, diberitakan dan dikembangkan sesuai dengan karakteristik masyarakat dan budaya nusantara oleh para pengkhotbahnya.

Hulu, Islam Nusantara adalah Muslim yang menghormati budaya yang ada kecuali tidak konsisten dengan hukum Islam. Downstream, atau waktu puncak, Nusantara Muslim adalah tujuan utama dari iman, yaitu cinta untuk rumah adalah bagian dari iman.