Manfaat Puasa Rajab Untuk Kesehatan

Bulan Rajab adalah bulan yang memiliki karakteristik khusus dibandingkan bulan-bulan lainnya dalam Islam. Karena ini adalah sebuah hadits yang mengklaim untuk berdoa setelah memasuki bulan Rajab, artinya adalah sebagai berikut:

“Ya Allah, berkati kami di bulan Rajab dan Sya’ban dan bebaskan kami di bulan Ramadhan”

Manfaat Puasa Rajab Untuk Kesehatan

Ini bagus bulan ini karena ada banyak keuntungan bagi Rajab. Sementara posisi bulan Rajab antara bulan Jumadil Akhir dan bulan Sya’ban. Adapun perhitungan agama, dinyatakan bahwa penciptaan langit dan bumi, malam dan siang diselenggarakan oleh Allha SWT. Dan Allah melakukannya dalam satu tahun dan dua belas bulan berdasarkan penampilan bulan baru. Sementara hitungan tahun bahkan dua belas bulan, perbedaannya adalah bahwa jumlah Kristus lebih besar dari jumlah yang muncul selama bulan atau hitungan penampilan matahari. Berikut ini adalah ulasan keuntungan bulan Rajab, yaitu:

1. Puasa

Puasa tidak hanya dilakukan selama bulan Ramadhan, tetapi juga selama bulan Rajab yang jatuh dengan cepat seperti sunnah. Berpuasa berarti menahan lapar dan haus dan tindakan yang dapat membatalkan ganjaran puasa yang terjadi dari fajar hingga senja. Jadi selama puasa Anda harus bisa mempertahankan sikap dan pikiran Anda agar tidak membatalkan pahala puasa itu sendiri. Berikut adalah kata-kata nabi Muhammad tentang puasa di bulan Rajab:

“Siapa pun yang berpuasa selama bulan Rajab, maka berpuasa selama satu bulan, jika puasa 7 hari, tujuh gerbang neraka ditutup baginya. Jika puasa berlangsung 8 hari, 8 gerbang surga dibuka. Dan jika puasa adalah 10 hari , Allah akan memenuhi semua permintaannya. “(HR. At-Thabrani)

2. Dokumen amal selama 60 bulan

Selalu terikat dengan puasa yang terjadi di bulan Rajab, ada sebuah hadis yang berbunyi sebagai berikut:

“Siapa pun yang berpuasa pada tanggal 27 bulan Rajab, Allah SWT mencatat penghargaan itu sebagai orang yang berpuasa selama 60 bulan”. (Abu Hurairah)

Karena itu puasa dilakukan hanya untuk satu hari pada tanggal 27 Rajab yang diberikan oleh SWT Allah, seperti orang-orang yang berpuasa selama 60 bulan tanpa gangguan. Karena itu, jangan ragu untuk berlatih puasa karena bukan hanya ganjarannya, tetapi puasa juga memberikan kesehatan bagi tubuh kita.

3. 7 hari puasa

Dan dalam memajukan jumlah hari dalam puasa di bulan Rajab ada juga keistimewaan – keistimewaan yang tidak didapat pada bulan-bulan lainnya, yaitu jika kita melakukan puasa 7 hari dalam arti seminggu sehingga manfaat yang didapat adalah pintu neraka kunci untuk mereka yang melakukan puasa.

4. Delapan hari puasa

Untuk jumlah delapan hari puasa di bulan Rajab, hak istimewa yang diperoleh adalah membuka pintu surga bagi mereka yang mengelola puasa. Surga adalah hadiah bagi orang-orang yang selalu melaksanakan perintah Allah SWT dan memang berniat untuk berpuasa karena Allah sendiri bukan karena orang lain.

5. 10 hari puasa

Semakin lama hari dipenuhi dengan puasa di bulan Rajab, semakin banyak hak istimewa yang diperoleh, seperti puasa 10 hari di bulan Rajab, dosa-dosa akan dihapus dan diganti dengan kebaikan. Intinya di sini adalah bahwa setiap manusia harus melakukan dosa setiap hari dan cara untuk menebus dosa adalah dengan berdoa lima kali sehari. Dosa yang dihapus ketika puasa dilakukan diganti dengan kebaikan abadi dan bermanfaat bagi kita di luar.

6. Hari puasa

Mengambil hari puasa di bulan Rajab, hadiahnya adalah mengambil susu dari Sungai Rajab di langit. Firman Nabi Muhammad:

“Tentunya di surga ada sungai yang disebut Rajab, airnya lebih putih daripada susu dan memiliki rasa yang lebih manis dari madu. Siapa pun yang berpuasa suatu hari di bulan Rajab, maka akan diberkati untuk minum dari sungai”.

Baca juga:

 

 

7. Doa yang tidak ditolak

Doa selama bulan Rajab secara umum tidak akan ditolak, terutama ketika kita berdoa kepada Allah SWT ketika kita berpuasa di bulan Rajab. Karena itu shalat di bulan Rajab adalah salah satu keistimewaan untuk tidak diabaikan. Ambil kesempatan ini dan selalu ingat untuk tidak melewatkannya setahun sekali. Dan nabi Muhammad juga mengucapkan doa untuk menyambut bulan Rajab dengan doa sebagai berikut:

اللهم بارك لنا في رجب وشعبان, وبارك لنا في رمضان

Sebagai doa untuk menyambut kedatangan bulan Rajab yang penuh dengan keagungan dan pengampunan jika dilakukan dengan ikhlas dan ketulusan.

Artikel terkait:

Manfaat berdoa untuk doa
Manfaat membaca doa
Manfaat Istigfar 1000 x untuk dunia dan yang lainnya

8. Doa sunat Rajab

Di bulan Rajab ada juga manfaat ketika melakukan doa sunat Rajab.