Kemendikbud Raih 2 Penghargaan Pada Peringatan Hari Antikorupsi SeDunia 2018

Kemendikbud Raih 2 Penghargaan Pada Peringatan Hari Antikorupsi SeDunia 2018

Kemendikbud Raih 2 Penghargaan Pada Peringatan Hari Antikorupsi SeDunia 2018

Kemendikbud Raih 2 Penghargaan Pada Peringatan Hari Antikorupsi SeDunia 2018

 

blog.fe-saburai.ac.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berhasil meraih dua penghargaan sekaligus pada Peringatan Hari Antikorupsi Se-Dunia (Hakordia ) 2018 yang diselenggarakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dua penghargaan tersebut adalah Juara 2 Stan Terbaik Pameran Hakordia 2018 dan penghargaan atas komitmen berkontribusi di Jaga Pendidikan 2018.

Penghargaan pertama diterima oleh Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat (BKLM), Kemendikbud, Ari Santoso. Sementara penghargaan kedua diterima oleh Sekretaris Inspektorat Jenderal Kemendikbud, Sanusi. Kedua penghargaan ini diberikan pada malam penutupan peringatan Hakordia 2018, di Jakarta, Rabu (5/12).

“Ini merupakan bentuk kreativitas dalam menerjemahkan pendidikan antikorupsi di dalam dunia pendidikan. Penghargaan ini menjadi motivasi kami untuk terus menyebarkan pendidikan antikorupsi sejak dini, yang dimulai dari keluarga,” tutur Ari usai menerima penghargaan.

Peringatan Hakordia 2018 digelar sejak Selasa (4/12). Kemendikbud turut berpartisipasi dalam pameran inovasi antikorupsi yang berlangsung di Hotel Bidakara, Jakarta. Dalam pameran tersebut, Kemendikbud mengetengahkan tema “Sahabat Keluarga Melawan Korupsi”. Melalui tema tersebut Kemendikbud mengajak keluarga Indonesia untuk mengenalkan nilai-nilai antikorupsi sejak dini dan dimulai dari lingkungan terkecil, yaitu di rumah.

Nilai-nilai tersebut nantinya yang akan menjaga anak untuk tetap berpegang teguh pada prinsip-prinsip pendidikan karakter yang ditanamkan keluarga sehingga tidak melakukan tindakan korupsi sejak kecil sampai dewasa. Untuk lebih menyampaikan maksud tema tersebut, Kemendikbud juga menampilkan semacam pertunjukkan mini teater yang memperlihatkan bagaimana pertumbuhan anak yang tidak ditanamkan nilai-nilai antikorupsi oleh lingkungan keluarga.

Desain stan Kemendikbud juga dibuat berbeda, yaitu menampilkan ruang sempit berjeruji besi sebagai pengingat bahwa tindakan korupsi sekecil apapun dapat berakhir dengan penjara.

Pameran yang diadakan setiap tahun di awal Desember ini merupakan agenda rutin KPK untuk memperingati Hari Antikorupsi Sedunia yang jatuh setiap tanggal 9 Desember. Pameran ini menjadi salah satu upaya KPK mengajak semua elemen dan lapisan masyarakat untuk memahami nilai-nilai antikorupsi.

Sebanyak 57 kementerian, lembaga, pemerintah daerah, dan organisasi antikorupsi yang ikut serta memeriahkan pameran ini. Selain Kemendikbud, ada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang mendapat penghargaan Juara 1 Stan Terbaik, dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) di posisi ke-3. Ada juga BPJS Ketenagakerjaan dan PT KAI yang mendapatkan penghargaan Stan Terfavorit. (Ratih Anbarini).
Sumber : https://www.dosenpendidikan.com/