Jadwalkan makan bayi berusia 6 bulan yang tepat

Jadwalkan makan bayi berusia 6 bulan yang tepat

Saat saluran pencernaan bayi tumbuh, ASI masih diperlukan sebagai sumber kalori, tetapi bayi akan membutuhkan nutrisi tambahan yang tidak dimiliki ASI untuk menyelesaikan proses pertumbuhan seperti zat besi.
Kiat untuk memulai MPASI

Indikasi lain bahwa bayi siap untuk makan

makanan yang lebih gelap adalah ketika dia mendapat perhatian atau ketika dia mencoba untuk minum makanan. Ketika ia kembali menunjukkan minat pada makanan yang Anda miliki, perlahan-lahan ia mulai bersabar kepada pasien. Berikut adalah beberapa tips untuk memberikan makanan tambahan untuk jadwal makan bayi 6 bulan:

Jika bayi Anda tidak tertarik atau menolak untuk melakukannya, tunggulah beberapa menit hingga beberapa hari, atau beberapa minggu sebelum memasukkannya kembali ke MPASI. Selama ini, MPASI masih merupakan makanan pendamping, bukan sumber makanan utama bagi bayi, sehingga Anda tidak perlu khawatir.

Jika bayi Anda ingin mengonsumsi MPASI, harap tunggu hingga tiga hari sebelum memperkenalkan MPASI baru kepadanya. Rentang waktu ini menunjukkan apakah bayi alergi terhadap makanan. Jika apa pun yang terkandung oleh bayi dimasukkan, Anda juga dapat menyimpan buku harian untuk membuatnya lebih mudah menemukan penyebab alergi.
Perhatikan konsistensi dan tekstur larutan / bubur / pure dari MPASI. Pada awal pengenalan MPASI Anda dapat meningkatkan rasio sayuran dan buah-buahan yang dikukus atau dipanggang (berpotensi mendidihkan nutrisi ke padatan) dan susu.

Jika bayi terbiasa, Anda bisa mengurangi ASI sehingga bubur mengental.
Mari kita perkenalkan bahan-bahan sayuran terlebih dahulu untuk menghindari bayi memetik buah dan menyukainya. Selain itu, tambahkan beberapa bahan termasuk zat besi, seperti daging, wortel, kacang hijau, ubi, labu, pisang, pir, apel, buah persik.
Tolong jangan tambahkan gula atau garam ke MPASI.
Pemberian MPASI dapat diselingi dengan pemberian air untuk membantu bayi menelan.

Jangan berikan madu dan susu kepada bayi Anda karena pencernaan tidak dapat membasmi bakteri yang terkandung dalam madu atau mencerna susu dengan benar. Keduanya hanya diizinkan untuk bayi berusia 1 tahun.
Harap jangan menyimpan makanan bayi di lemari es selama lebih dari 2 hari.
Agar bayi benar-benar mengonsumsi MPASI, kami sarankan untuk memberikan susu campuran dan hanya satu MPASI pada tahap awal pengenalan.

Jadwalkan makan bayi berusia 6 bulan yang tepat

Sebelum Anda memulai jadwal makan bayi 6 bulan, Anda sudah tahu kebiasaan dan kebutuhan bayi Anda, adalah hal yang baik untuk diketahui dengan baik. Bayi pada usia 6 bulan umumnya masih dapat menawarkan susu formula tetapi masih membutuhkan ASI sebagai sumber kalori utama. Pada usia ini, bayi umumnya makan 4 hingga 6 kali sehari (selama menyusui) dan biasanya minum 180 hingga 240 ml susu untuk setiap makanan. Jumlah total susu yang dikonsumsi tidak boleh melebihi 960 ml.

Saya memberi makan 2 sendok makan dua kali sehari dua kali. Silakan gunakan sendok bayi untuk memberinya makan. Bayi biasanya dapat mengonsumsi 2 sendok makan 2 sendok makan (480 gram) per hari. Jumlah ini ditentukan oleh ukuran dan kemampuan makan bayi.

Pada tahap pengantar ini Anda dapat mencampur 1 sendok teh haluskan dengan 4 hingga 5 cangkir susu atau susu formula. Perbandingan dapat ditingkatkan menjadi 1 sendok makan susu atau formula atau 1 sendok makan puree. Jika memungkinkan, waktu menyusui dapat ditingkatkan dari 2 menjadi 3 atau 4 kali sehari. Jika Anda ingin memberikan jus buah, berikan jus Anda sendiri, bukan jus kemasan. Jika Anda ingin memberikan jus buah bayi, 120 mililiter per hari adalah ukuran yang bisa Anda jadikan patokan.

Ketika bayi Anda tidak merasa lelah atau khawatir, atau ketika lapar Anda tidak lapar, pilih waktu untuk mengisi ulang. Lanjutkan memberikan ASI dalam jumlah normal, jika Anda tidak ingin bayi menelan makanan padat untuk kesempatan apa pun.

Seiring bertambahnya usia, bayi akan membutuhkan lebih banyak nutrisi yang berasal dari berbagai jenis makanan. Memberi MPASI sesuai dengan dosis yang benar, teratur dan sesuai jadwal makan bayi selama 6 bulan adalah penting ketika bayi terbiasa dengan MPASI, mengenali sumber makanan yang alergi, dan memasuki usia anak. Membantu mengurangi risiko kegemukan.

baca juga :