Fungsi Utama Tulang Pergelangan Tangan Pada Manusia

Fungsi tulang pergelangan tangan

Tulang pergelangan tangan adalah area antara pergelangan tangan dan siku dan memiliki otot otot. Tulang lengan terdiri dari bagian-bagian yang bersama-sama memenuhi tugas mereka sebagai alat yang berperan dalam berbagai aktivitas manusia.

Lengan manusia dapat terlihat kokoh, kuat dan berbentuk karena mengandung tulang. Tanpa tulang lengan, lengan manusia tidak bisa bergerak dengan bebas.

Tulang pergelangan tangan adalah tulang motor yang diklasifikasikan sebagai tulang pendek atau tulang karpal dengan bentuk bulat dan pendek. Pergelangan tangan terdiri dari 8 tulang pendek. Selain itu, tulang pergelangan tangan adalah jenis tulang keras yang dibentuk oleh sel-sel tulang dengan saluran pembuluh darah.

Tulang ini mengandung senyawa dalam bentuk kapur, yang terdiri dari kalsium karbonat dan kalsium fosfat, yang diekstraksi dari aliran darah. Otot-otot yang melekat pada tulang pergelangan tangan sangat mirip dengan otot-otot lima jari. Jari-jari ini digerakkan dengan otot-otot yang melekat pada pergelangan tangan.

Berikut ini adalah fungsi tulang pergelangan tangan :

1. Sebagai alat tangan

Fungsi utama pergelangan tangan adalah untuk menggerakkan tangan. Semua gerakan tangan pertama melalui tulang pergelangan tangan. Otot-otot di pergelangan tangan menggerakkan tangan. Di antara tulang yang membentuk pergelangan tangan adalah sendi kaku yang memungkinkan gerakan terbatas. Sedangkan sambungan yang menghubungkan pergelangan tangan ke telapak tangan adalah sambungan sadel. Tulang pergelangan tangan adalah alat yang paling penting dari penggerak dalam tubuh manusia. Karena hampir semua aktivitas manusia membutuhkan tangan sebagai alat. Karena itu, sangat penting memegang tulang dan otot di lengan Anda.

2. Gigitan otot

Otot-otot yang melekat pada tangan semuanya merupakan pemandu otot-otot di lengan. Semua otot yang melekat pada lengan adalah sensor untuk gerakan tangan. Otot ini adalah otot yang sangat penting untuk tangan. Ada dua jenis otot di pergelangan tangan, yaitu otot ekstensor dan otot fleksor. Kedua otot ini memungkinkan untuk berbagai gerakan dengan bantuan sendi yang kaku dan sendi sadel yang menghubungkan sekitar tulang pergelangan tangan.

3. Menghubungkan tulang jari dan tulang pangkal lengan

Jari memiliki ujung bawah tulang dan pangkal lengan berisi tulang pergelangan tangan. Pergelangan tangan terdiri dari tulang bulat, pendek. Susunan ini membentuk pergelangan tangan atau karpus, yang menghubungkan tulang-tulang jari dengan tulang-tulang pangkal lengan atau distal.

Fungsi di atas adalah 3 fungsi tulang pergelangan tangan pada manusia. Tangan adalah bagian terpenting dari kehidupan manusia. Hampir semua kegiatan menggunakan tangan. Selain itu kaki tangan adalah gerakan manusia yang sangat penting.

Jika tangan tidak bekerja dengan baik, orang akan mengalami kesulitan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, kita makan dengan tangan, mengambil barang, memasak, menulis, dan mengetik laporan.

Demikianlah diskusi yang menarik tentang 3 fungsi utama tulang pergelangan tangan. Semoga artikel ini dapat melengkapi temuan dan informasi Anda. Semoga artikel ini dapat membantu mereka yang membacanya dan membawa banyak manfaat.

Baca Juga :

Materi Geometri dan Contoh Soalnya