fungsi tulang dada

Fungsi Tulang Dada pada Manusia

Tulang adalah bagian penting dari tubuh, fungsinya adalah untuk membentuk postur dan memberikan penampilan yang indah kepada pemiliknya. Salah satu tulang yang dibahas dalam artikel ini adalah tulang dada, yang berfungsi melindungi organ vital di dada dan membentuk posisi manusia. Tulang dada adalah tulang pipih yang terletak di tengah dada. Di sisi kanan adalah tempat tulang rusuk bertemu. Tulang dada dan tulang rusuk dapat melindungi jantung, paru-paru dan pembuluh darah besar.

Fungsi Tulang Dada pada Manusia

Tulang dada diatur oleh beberapa bagian, fungsi masing-masing bagian berbeda. Ada 3 bagian yang membentuk tulang dada, yaitu tulang atas (kepala), tulang tubuh dan pedang pedang Taju.

Hulu Bone (Kepala)

Terletak di bagian atas sternum dan memiliki sendi. Hulu tulang juga merupakan tempat tulang rusuk pertama dan kedua bergabung. Sifatnya yang kuat mampu melindungi bagian lain di bawah dan organ dalam.

Tulang

Bagian kedua adalah di tengah, di mana tulang rusuk ketiga sampai ketujuh dan tulang rusuk kedelapan sampai kesepuluh bergabung. Bentuknya lebar dan rata dengan struktur yang kuat sehingga bisa menopang tulang rusuk dengan baik.

Pedang

Tulang yang terletak di bagian bawah tulang dada, dibentuk oleh tulang rawan. Tulang-tulang ini terdiri dari tulang rawan yang tidak menjadi keras ketika menjadi dewasa.

Secara umum, fungsi sternum akan dijelaskan kemudian sebagai berikut:

Simpan organ di dada.

Organ yang dilindunginya adalah jantung dan paru-paru, yang sangat berpengaruh bagi kelangsungan hidup manusia. untuk menghindari tabrakan dan trauma berkat tulang dada ini. Gerakan tubuh manusia juga mampu mempertahankan posisinya dan menjalankan fungsinya dengan baik.
Baca juga: Piramida makanan adalah: lengkap dengan pengertian, contoh, gambar

Selain jantung dan paru-paru, sternum juga berfungsi melindungi organ di sekitarnya, seperti perut, ginjal, dan limpa.

Bantu proses pernapasan

Kita tidak dapat bernapas dengan lembut jika paru-paru tidak terlindungi dari berbagai pukulan dan rangsangan dari luar tubuh. Sistem pernapasan akan menjadi lebih halus karena dilindungi oleh sternum, kecuali jika memang ada perubahan pada peralatan pernapasan.

Sebagai bingkai

Tulang dada menyediakan kerangka kerja untuk otot-otot dada, punggung, perut, dan bahu atas. Di dalamnya, di tepi bawah tulang rusuk, ia berfungsi sebagai tempat untuk bergabung dengan diafragma. Tanpa sternum, tubuh manusia tidak akan sepenuhnya terbentuk karena tidak memiliki dukungan.

Untuk informasi tambahan, proses pembentukan tulang disebut osifikasi. Proses ini dibagi menjadi dua, yaitu osifikasi intramembran dan osifikasi intrakartilagen. Osifikasi intramembran disebut penguatan langsung, proses ini terjadi pada tulang pipih, sedangkan osifikasi intrakartilaginosa adalah contoh pembentukan tulang tubular yang akan menyebabkan tulang tumbuh lebih banyak di daerah chakra epifit. Pengulangan ini hanya terjadi sekali seumur hidup dan tidak akan terulang selamanya.

Meskipun beberapa tulang memiliki sifat keras atau kuat, Anda harus mencoba menghindari pukulan kuat. Entah kecelakaan yang menyebabkan patah tulang atau tabrakan saat berolahraga. Tulang yang patah membutuhkan banyak waktu untuk pulih seperti biasa. Namun tidak sedikit yang akhirnya harus diamputasi karena membahayakan kelangsungan hidup mereka.

Salah satu kondisi yang bisa membuat tulang dada terasa sakit disebut costochondritis.

Costochondritis adalah salah satu penyebab sternum yang terasa sakit dan salah satu penyebab paling umum. Kondisi ini biasanya terjadi ketika tulang rawan yang terletak di antara tulang dada dan tulang rusuk mengalami kondisi peradangan atau iritasi. Kostochondritis itu sendiri dapat terjadi karena osteoarthritis, tetapi kondisi ini juga dapat disebabkan oleh beberapa hal atau tanpa penyebab yang jelas.
Baca juga: Definisi Biosfer – Dilengkapi dengan contoh

Kondisi ini akan menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan di sternum dan berikut ini adalah gejala yang akan dialami oleh costochondritis:

– Merasakan nyeri yang sangat tajam di tengah dada

-ada dada sakit saat bersin, batuk atau bernafas dalam-dalam

– rasakan ketidaknyamanan yang terjadi di tulang rusuk

Jika Anda mengalami salah satu dari gejala di atas, Anda mungkin mengalami kondisi costochondritis.

Kostochondritis itu sendiri biasanya dapat hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari, sehingga tidak memerlukan perawatan, tetapi jika Anda memiliki kekhawatiran tertentu tentang kondisi ini, Anda harus dapat melihat dokter segera untuk melihat dan mencari tahu.

sumber : https://santinorice.com/