Contoh – Contoh Tinjauan Pustaka

Tinjauan Literatur

Penelitian literatur dalam pengaturan makalah ilmiah dapat diartikan sebagai konfirmasi atas keterbatasan karya ilmiah. Ringkasan di bagian ini sepenuhnya terkandung dalam kata kunci di bagian abstrak. Oleh karena itu, persiapan karya tulis harus diminta untuk mempelajari literatur.

Pendapat para ahli dalam memahami penelitian literatur juga telah disuarakan oleh Gandas, yang, menurut tinjauan literatur, adalah bab yang berisi sejumlah teori dan pendapat ahli tentang fokus penelitian yang akan dilakukan.

Dari sejumlah diskusi yang disebutkan di atas, tinjauan literatur ini secara singkat mencirikan sebagai bagian dari teori dan pendapat para ahli tentang masalah dan dasar-dasar penelitian yang dilakukan.

Buat ikhtisar perpustakaan

Praktis mudah untuk menulis bagian tentang tinjauan literatur dalam sebuah artikel. Selama Anda mengetahui esensi dari topik yang diajarkan, Anda dapat yakin bahwa seseorang dapat dengan mudah mengedit bagian tinjauan literatur ini. Langkah-langkah sederhana untuk meningkatkan bagian ini mencakup kiat-kiat berikut.

Buat ikhtisar

Buat ikhtisar dengan mencari esensi dari bagian penulisan makalah yang berisi urusan umum atau opini publik tentang topik terkait. Misalnya, ketika membuat makalah yang berisi pengaruh obat pada anak-anak, kata-kata “obat” dan “anak” harus menjadi bagian umum yang perlu ditulis dalam tinjauan pustaka.

Cari literatur

Prosesi kedua yang dapat dilakukan untuk melakukan studi literatur adalah pencarian literatur. Langkah ini dapat dilakukan, misalnya, dengan mengunjungi perpustakaan atau dengan membaca jurnal internasional. Sehingga apa yang ditulis dapat diselesaikan kemudian.

Tulis dalam bahasa Anda sendiri

Agar tidak dianggap sebagai plagiarisme dari karya orang lain, penting bahwa seseorang melakukan tinjauan literatur dengan menulis ulang bahasa dan kata-kata yang diberikan dalam pencarian literatur. Sangat mudah untuk menggunakan kutipan langsung atau tidak langsung.

Lihat judul bagian umum

Jika Anda ingin membuat tinjauan literatur yang mudah dibuat, baca bagian umum dalam judul. Bagian ini tentu saja “dalam judul” hal-hal yang dapat didefinisikan secara teoritis dan lebih umum, misalnya. Misalnya, kata-kata seperti “korupsi, pertanian, kelapa sawit, keasaman, dll.”.

Jika metode untuk membuat tinjauan literatur ini sangat curam, dapat dikatakan bahwa bagian ini dapat dengan mudah diterjemahkan. Karena bagian ini mungkin tidak terlalu sulit, tetapi sangat sangat penting.

Garis besar variabel

Keuntungan dari pencarian literatur adalah bahwa seperangkat variabel umum dapat dijelaskan secara tertulis. Situasi ini tentu saja dapat mendorong seseorang untuk mencapai hasil penelitian yang lebih baik.

Membatasi

Proses langsung dari pencarian literatur yang baik dapat menetapkan batas untuk surat yang dikirimkan. Dengan demikian, perhatian harus diberikan kepada siapa pun yang meneliti bagian ini.

Mempercepat proses analisis data

Kegunaan penelitian literatur memfasilitasi analisis data berdasarkan lokasi. Penggunaan metode penelitian kualitatif atau kuantitatif dalam persiapan mereka membutuhkan bimbingan yang komprehensif, salah satunya termasuk dalam tinjauan literatur. Baca lebih lajut; Teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif

Tingkatkan kepercayaan diri

Penelitian literatur akan meningkatkan kepercayaan pembaca, karena apa yang ditulis selalu didasarkan pada teori dan menahan diri dari penulis sebelumnya, yang tentu saja menghilangkan sifat fiktif penulisan ilmiah.

 

Sumber: Kuliahpendidikan.com