Cara Mengatasi Glaukoma Yang Bisa Dicoba Dirumah

Kondisi ini dapat menyebabkan masalah penglihatan dan bahkan kebutaan permanen jika tidak ditangani dengan cepat. Nah, selain menggunakan obat tetes mata dan obat oral, ternyata ada cara lain untuk mengobati glaukoma di rumah yang Anda tahu! Hanya apa? Ayo, lihat ulasan lengkapnya di bawah ini.

Berbagai cara mengatasi glaukoma

Pada kasus ringan, gejala glaukoma biasanya dilemahkan setelah minum obat atau menggunakan obat tetes mata. Namun, penelitian telah menemukan bahwa ada cara lain untuk mengatasi glaukoma. Beberapa di antaranya adalah:

1. Makan makanan yang kaya astaxanthin

Astaxanthin adalah jenis karotenoid yang mengandung jumlah antioksidan terbesar. Antioksidan yang sama memainkan peran penting dalam membantu mencegah radikal bebas yang menyebabkan berbagai penyakit, seperti glaukoma.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Molecular Vison telah menemukan bahwa astaxanthin dapat membantu mengurangi kerusakan retina yang disebabkan oleh stres oksidatif. Meskipun penelitian pada tikus telah dilakukan, hasil penelitian ini memberikan udara segar yang cukup untuk mengatasi glaukoma.

Anda dapat mengonsumsi astaxanthin dalam bentuk alami atau suplemen. Namun, perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengambil suplemen astaxanthin. Alasannya adalah tidak semua orang membutuhkan suplemen makanan.

Dalam bentuk alami, Anda bisa mendapatkan asupan astaxanthin dari:

wortel
Ubi jalar
semangka
blewah
Paprika merah dan kuning
mangga
tomat
ikan salmon
udang
lobster
Ganggang merah
Telur ikan

2. Tingkatkan asupan omega 3

Lemak tidak selalu melukai tubuh. Jika Anda berhati-hati dalam memilah makanan, Anda akan mendapatkan banyak manfaat daripada membahayakan.

Baik. Menyelidiki sistem baru, mengonsumsi makanan yang kaya asam omega-3 secara teratur bisa menjadi cara yang efektif untuk mengatasi glaukoma, Anda tahu. Ini didukung oleh penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di University of Melbourne.

Studi ini melaporkan bahwa asam lemak omega-3 dapat membantu mengurangi tekanan intraokular pada orang dengan gejala glaukoma dini. Studi lain juga menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 dapat membantu melindungi mata orang dewasa dari risiko degenerasi makula dan sindrom mata kering.

Asam lemak omega-3 ditemukan dalam ikan berlemak (cod, salmon, sarden dan tuna) dan makanan laut lainnya, seperti udang, kepiting dan kerang. Anda juga bisa mendapatkan asupan asam lemak omega 3 dari suplemen minyak ikan yang banyak dijual di apotek atau apotek.

3. Ambil suplemen koenzim Q10 (CoQ10)

Cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mengobati glaukoma adalah dengan mengonsumsi suplemen koenzim Q10 (CoQ10).

CoQ10 adalah antioksidan yang sebenarnya ada di hampir setiap sel dalam tubuh Anda. Antioksidan ini berperan dalam membantu pertumbuhan dan pemeliharaan sel serta melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Mengutip dari Medical Daily, koenzim Q10 dapat membantu mengurangi sejumlah gejala glaukoma yang membuat mata tidak nyaman. Antioksidan ini dapat mencegah kerusakan sel neuroretinal dan bahkan mengurangi jumlah radikal bebas yang dihasilkan oleh mata.

Penelitian dalam Journal of Glaucoma juga menemukan bahwa kombinasi suplemen CoQ10 dan vitamin E secara efektif membantu mengurangi stres oksidatif yang dialami oleh pasien dengan glaukoma sudut terbuka.

Baca juga :

Pola Bilangan dan Rumus Un Suatu Pola Bilangan

Spesifikasi Harga Daihatsu Ayla September 2019 Lampung