Category

Antisipasi Lemot, Telkomsel Tambahkan 67 BTS di Tol Japek Layang

Antisipasi Lemot, Telkomsel Tambahkan 67 BTS di Tol Japek Layang

Antisipasi Lemot, Telkomsel Tambahkan 67 BTS di Tol Japek Layang

Presiden Jokowi belum lama ini meresmikan jalan layang tol Jakarta-Cikampek II. Tol layang terpanjang di Indonesia ini masih dibuka secara gratis hingga liburan Natal dan Tahun Baru 2020 (Nataru 2020) usai.

Merespon hal ini, Telkomsel, sebagai operator seluler di Indonesia, melakukan

optimalisasi jaringan disekitar tol Japek Layang. Adapun Telkomsel menambahkan 67 Base Transceiver Station (BTS) khusus Nataru 2020. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi ‘macet’ pada jaringan.

“Kita melakukan optimalisasi site-site yang ada di surrounding jalur tol elevated Japek Layang, meskipun ada beberapa titik yang ditambahkan (BTS),” ujar Awal R Chalik, VP Network Quality Management Telkomsel Jabodetabek, di Karawang, (20/12).

Saat ini, secara keseluruhan Telkomsel memiliki 171 BTS dari 104 BTS yang sebelumnya sudah tersedia disepanjang 36,4km tol Japek Layang. Adapun 99 BTS diantaranya telah mengalami penambahan kapasitas Bandwith. Seluruh BTS itu telah mendukung hingga jaringan 4G LTE.

“Selain itu juga bandwithnya kalo standarnya itu 10MB kita upgrade sampai

dengan 20MB. karena perhitungan kita sebelum ada Japek itu macet ya cuma sejumlah yang tutupin jalan karena sekarang ada tembahan baru itu otomatis nambah,” ungkap Awal.

Ketika dilakukan uji coba saat melewati tol Japek Layang, kecepatan rata-rata internet Telkomsel mencapai 56 Mbps. Sementara, kecepatan upload memperoleh angka dikisaran 16Mbps. Agar tetap menjaga kualitas jaringannya, Awal menyebut Telkomsel melakukan pemantauan secara real-time.

“Kita ada monitoring secara real-time (kualitas jaringannya). Sebelum pelanggan

complain, apakah kapasitasnya atau kualitasnya menurun karena BTS mati atau ada congest hingga gangguan, kita antisipasi sejak awal,” ujarnya.

“Kalau ada sesuatu, kita perbaiki. Kita juga nggak menutup memungkinkan menerima feedback dari pelanggan, baik lewat Instagram, Twitter, nanti kita follow up,” tambahnya.

 

Sumber :

https://namabayi.co.id/