Akibat Sering Memasukan jari ke lubang hidung untuk kesehatan

Meskipun termasuk dalam kegiatan menjijikkan, sebenarnya ada banyak orang yang terbiasa makan. Memang, ada yang mengatakan bahwa kebiasaan ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Padahal, ada bahaya mengintai karena sering mengendus.

Akibat Sering Memasukan jari ke lubang hidung untuk kesehatan

Pakar kesehatan mengatakan bahwa panen dapat memberikan banyak efek kesehatan, meskipun kegiatan ini sangat menarik untuk dilakukan.

Berikut ini adalah beberapa konsekuensi dari seringnya menghirup kesehatan:

Infeksi lubang hidung

Dampak pertama yang dapat terjadi karena kebiasaan mengumpulkan hidung adalah infeksi. Ini karena jari yang digunakan biasanya kotor dan penuh bakteri. Bakteri ini dapat pindah ke lubang hidung dan memicu infeksi.

Menyebabkan gelembung

Selain infeksi, bakteri ini juga dapat menyebabkan lepuh muncul di dalam hidung. Ini disebabkan oleh bagian hidung yang sensitif. Bakteri yang dapat menyebabkan jerawat atau bisul di dalam hidung biasanya adalah Staphylococcus aureus. Kondisi ini pasti akan membuat hidung Anda terasa sangat tidak nyaman.

Perforasi sektor

Perforasi septum dapat dijelaskan sebagai suatu kondisi yang membuat luka di sekat antara lubang hidung kanan dan kiri. Jika kondisi ini cukup parah, bisa dibuka sehingga tidak ada lagi penghalang antara kedua lubang hidung. Cara untuk mengatasinya adalah dengan meminta dokter melakukan operasi.

Meningkatkan risiko flu

Karena sering menarik, rambut-rambut halus jatuh ke hidung. Bahkan, rambut-rambut ini memainkan peran penting dalam menyaring berbagai kotoran dan bakteri yang dapat memicu timbulnya penyakit seperti flu atau pilek.

Meningkatkan risiko meningitis

Kasus meningitis yang berkaitan dengan konsekuensi dari kumpulan hidung frekuensi sangat jarang atau bahkan sulit ditemukan, tetapi secara teori ini sangat mungkin.

Jika Anda mengambil hidung terlalu dalam, jari Anda bisa menyentuh bagian payudara atau tulang ethmoid. Bakteri yang ada di jari-jari kita dapat mencapai bagian itu dan akhirnya mencapai otak untuk menyebabkan radang selaput di otak atau meningitis.

Bisakah makan dengan baik meningkatkan daya tahan tubuh?

Para ahli kesehatan mengatakan bahwa sejauh ini belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa manfaat makan hingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Ini berarti bahwa gagasan bahwa makan terlalu banyak akan dapat memberikan efek yang tidak benar.

Upil atau ingus dalam tubuh sebenarnya termasuk dalam sistem pertahanan tubuh dari berbagai penyakit karena dapat menyaring berbagai jenis debu, kotoran, bakteri dan virus sebelum dapat memasuki saluran pernapasan.

Pada kenyataannya, kegiatan yang menyenangkan ini dapat memiliki efek buruk pada dirinya sendiri. Meskipun kasusnya jarang, kebiasaan ini dapat memicu masuknya berbagai jenis bakteri berbahaya seperti Staphylococcus aureus. Selain itu, ada juga rasa takut akan kebiasaan mengumpulkan hidung untuk menyebabkan iritasi, pendarahan atau abrasi di dalam hidung.

Jika sampai itu terjadi, bisa jadi di dalam hidung akan ada luka atau bahkan nanah. Bahkan, bisa jadi hidungnya patah dan akhirnya berdampak buruk pada saluran pernapasan.

Jika diamati, anak-anak yang memiliki kebiasaan mengumpulkan hidung juga lebih sensitif terhadap epistaksis. Ini disebabkan oleh adanya arteri di hidung yang mengalirkan darah dengan kekuatan yang cukup besar. Pendarahan hidung akan terjadi jika Anda terluka atau patah karena kebiasaan mengumpulkan hidung.

baca juga  :